Selasa, 11 September 2012

PEMBUATAN MODUL MATA PELAJARAN IPS




Guru-Guru Membuat Modul IPS
          Pengembangan karis PTK Dikdas MGMP IPS pada pertemuan ketiga berlangsung di SMP Negeri 2 Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Kegiatan di hari ketiga ini di fokuskan pada kegiatan pembuatan modul Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester 1. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 35 guru anggota MGMP IPS yang berasal dari SMP Negeri/swasta di Kabupaten Bondowoso. Pada kegiatan ini peserta dibagi menjadi 5 kelompok. 
          Pembagian kelompok sebagai berikut: 
Kelompok 1 koordinator Victor Novan Hadi C, S.Pd (SMP Negeri 7 Bondowoso) 
Kelompok 2 koordinator Pangki Martin F, S.Pd,MM.Pd (SMP Negeri 2 Prajekan)
Kelompok 3 koordinator Hadi Budiyono, S.Pd, M.BA (SMP Negeri 1 Curahdami)
Kelompok 4 Koordinator Slamet Heriyadi, S.Pd, MM.Pd (SMP Negeri 2 Tgrng)
Kelompok 5 Koordinator Wiwik Nurwidayati, S.E, M.Pd (SMP Negeri 1 Maesan) 
           Modul merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metode, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri.
Ciri-ciri modul sebagai bahan ajar antara lain:
1. modul harus mampu membelajarkan diri sendiri (self learning)
2. tujuan awal dan tujuan akhir modul harus jelas dan dirumuskan secara   terukur 
3. materi dikemas dalam unit-unit kecil dan tuntas, terseda contoh-contoh dan ilustrasi yang jelas 
4. tersedianya soal-soal latihan, tugas, dan sejenisnya 
5. materi “up to date” dan kontekstual
6. bahasa sederhana, lugas, dan komunikatif 
7. terdapat rangkuman materi pembelajaran 
8. tersedia instrumen penilaian yang memungkinkan siswa melakukan “self assessment” 
9. mengukur tingkat penguasaan materi diri sendiri 
          Sistematika Penulisan Modul:
Halaman Sampul 
Halaman Francis 
Kata Pengantar 
Daftar Isi 
Peta Kedudukan Modul 
Glosarium 
I.PENDAHULUAN 
Deskripsi 
Prasarat 
Petunjuk Penggunaan Modul 
Penjelasan Bagi Peserta didik 
Peran Guru Antara Lain 
Standard Kompetensi Kompetensi Dasar
II. PEMBELAJARAN 
Rencana Belajar Peserta didik 
Kegiatan Belajar Kegiatan Belajar 
1 a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran 
   b. Uraian Materi 
   c. Rangkuman 
   d. Tugas 
   e. Tes Formatif
   f,  Kunci Jawaban Formatif
   g. Lembar Kerja 
Kegiatan Belajar 2 
Kegiatan Belajar 3, dst
 III. EVALUASAI
 Kognitif 
 Psikomotor 
 Afektif
 Kunci Jawaban 
III. PENUTUP
 DAFTAR PUSTAKA

1 komentar:

Unknown mengatakan...

IJIN DOWNLOAD

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates